animasi

Rabu, 04 April 2012

TUGAS UTS ICT FOR LEARNING

JAWABAN ICT FOR LEARNING

@Ariyo.Doc.

1.      Keterkaitan Kerucut Pengalaman Dengan Media Pembelajaran adalah Sebagai Berikut :

Media Pembelajaran sebagai sebuah Indikator penting dalam proses penyampaian materi atau pokok bahsan dalam belajar. Media pembelajaran merupakan komponen instruksional yang meliputi pesan, orang, dan peralatan. Dengan masuknya berbagai pengaruh ke dalam dunia pendidikan (misalnya teori/konsep baru dan teknologi), media pendidikan (pembelajaran) terus mengalami perkembangan dan tampil dalam berbagai jenis dan format, dengan masing-masing ciri dan kemampuannya sendiri. Oleh karena itu, Media Pembelajaran sebagai segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan, dapat merangsang fikiran, perasaan, dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta didik. Untuk merencanakan Media Pembelajaran yang efektif haruslah di ketahui secara khusus apa yang dipelajari, kegunaan dan memformulasikan tujuan adalah menyediakan petunjuk yang jelas apa yang harus dimuat dan ke mana arah dari suatu presentasi ( Komputer dan Media Pembelajaran : Deny Setawan,Dkk ) .            
Menurut Edgar Dale ( 1946 ), dalam dunia pendidikan, penggunaan Media Pembelajaran seringkali menggunakan prinsip Kerucut Pengalaman, yang membutuhkan media seperti buku teks, bahan belajar yang dibuat oleh guru dan “audio-visual”. Kerucut Edgar Dale ini menyatukan teori pendidikan John Dewey dengan gagasan-gagasan dalam bidang psikologi yang tengah populer pada masa itu. Kerucut pengalaman merupakan upaya awal untuk memberikan alasan tentang kaitan teori belajar dengan komunikasi audio visual (Dale, 1946).

Sumber : Denny Setiawa,dkk.Kompuer Dan Media Pembelajaran Jakarta : P.UT dan Sri Purwaningsih.Wordpress.com



2.  Definisi ICT For Learning Dan Sumbangsihnya dalam Dunia Pendidikan adalah Sebagai Berikut :

ICT For Learning ( Information and Communication Technologies ) adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan Teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. Dimana keudahan alammngatasikeadaan belaar bisa teratasi denganpenerapan teknologi ICT.
Dimana ICT For Learning merupakan cara mengatasi kesulitan akses dalam belajar. Belajar menggunakan ICT sama saja belajar dengan berorientasikan pada tatap muka terhadap teknologi yang semakin canggih.
Adapun Kontribusi ICT dalam Bidang Pendidikan :
1.     Mengoptimalkan peran guru (pendidik) yang Multifungsional. Guru selain sebagai pengajar semata juga sebagai Mediator sekaligus menjadi fasilitator, kolaborator, mentor, pelatih, pengarah dan teman belajar bagi Siswa.
2.  Meningkatkan kualitas SDM Indonesia yang cerdas dan kompetitif melalui pembangunan masyarakat berpengetahuan (knowledge-based society). Masyarakat yang tangguh karena memiliki kecakapan: (1) ICT and media literacy skills, (2) critical thinking skills, (3) problem-solving skills, (4) effective communication skills, dan (5) collaborative skills yang diperlukan untuk mengatasi setiap permasalahan dan tantangan hidupnya.
3.   Mengembangkan potensi peserta didik terhadap penggunaan, pemanfaatan, dan pemusatan teknologi dalam belajar. Karena melalui penerapan ICT khususnya dalam metode pembelajaran, menjadi pembelajaran yang lebih dinamis dan efektif, bahkan “efisien”,terbuka dan bervariasi.


3.      Sejarah Perkembangan TIK dan ICT di Indonesia

Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi Komputer (baik Perangkat keras maupun perangkat lunak ) dengan teknologi komunikasi pada Peretengahan Abad ke -20. Dimulai dengan peluncuran Satelit Palapa pada 9 Juli 1976 yang memudahkan arus komunikasi dan teknologi. Setelah itu dilanjutkan dengan perkembangan jaringan sellular, yaitu GSM pertama di Indonesia. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21 TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya. Di era informasi ini, TIK memegang peranan sebagai teknologi kunci (enabler technology). Perkembangan TIK dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat, termasuk dalam dunia pendidikan.
Adapun Halnya, Sejarah penggunaan ICT merupakan pengembangan dari TIK meskipun terdapat Perbedaan yang cukup atau komputer di Indonesia tidak hanya dimulai dengan mulai maraknya digunakan personal computer (PC) sekitar awal tahun 80-an atau jaringan Internet sekitar awal tahun 90-an, tetapi jauh sebelum itu yaitu sekitar akhir tahun 50-an. Semakin Maraknya penggunaan Teknologi, semakin meluas jaringan dalam Basis IT. “Teknologi informasi bukan lagi merupakan option,tapi merupakan keharusan (  Dr.Ir.Bondan T. Sofyan, M.Si, Direktur Center for Computing and Information Teknologi ). Oleh karena itu Pemanfaatan ICT bukan hanya membantu dalam memudahkan proses pendidikan tetapi akan menghantarkan pada persaingan pasar kerja dalam ranah industri yang lebih kompetisional dan mapan.
Sumber : http://www.informatika.lipi.go.id.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar